DEKORASI RUMAH

DEKORASI RUMAH

Disaat moment paling sacral dalam hidup Anda datang yaitu pernikahan, Anda pasti tidak ingin semuanya berlalu begitu saja tanpa kesan yang berarti. Sekalipun pernikahan Anda akan diadakan di sebuah gedung atau hotel namun rumah pun tidak akan lepas dari perhatian. Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah menjelang pernikahan, semua saudara dan sanak keluarga akan datang juga ke rumah Anda entah untuk apapun itu. Dengan demikian rumah akan ramai dan tidak mungkin akan Anda biarkan tanpa tatanan yang apik yang terkesan berantakan. Mungkin rumah yang Anda punya tidaklah luas namun hal tersebut bukanlah hambatan bahwa pernikahan yang meriah tidak bisa diadakan.

Biasanya, rumah akan menjadi bagian dimana acara adat akan dilaksanakan. Misalnya saja Anda yang menganut adat Jawa akan melakukan serangkaian upacara siraman sebelum hari pernikahan. Ada juga yang akan melaksanakan upacara midodareni di malam sebelum pernikahan dilangsungkan. Dengan demikian dekorasi khusus rumah pun perlu Anda siapkan. Biasanya akan ada janur kuning yang dipasang di depan jalan masuk rumah Anda sebagai pertanda bahwa ada hajatan pernikahan disana. Kemudian akan ada juga gapura yang terbuat dari berbagai tanaman seperti pisang, umbi-umbian, janur, padi, dll yang terpasang tepat pada bagian pintu masuk rumah Anda. Begitu juga dengan dekorasi siraman atau midodareni dengan segala kelengkapannya.

Selain dekorasi rumah untuk tamu umum atau bagian halaman biasanya bagian kamar pengantin juga akan ikut dihias. Nantinya, kamar pengantin akan menjadi tempat penyimpanan barang seserahan kemudian akan dilakukan sesi foto disana setelah upacara sacral pernikahan secara agama. Beberapa juga memberi dekorasi khusus adat tertentu di kamar pengantin sebagai sarana tolak bala atas acara pernikahan yang akan segera dilangsungkan. Masyakarat Indonesia masih menghormati leluruh yang sudah lebih dulu berpulang sehingga tidak heran ada banyak sekali persiapan menyangkut dekorasi seperti ini. Dekorasi sebenarnya hampir sama dan untuk di rumah biasanya tidak akan dipasang pelaminan kecuali resepsi juga akan diadakan di rumah.

Kursi tamu dan tenda bisa dipasang beberapa hari sebelum pernikahan karena biasanya akan digunakan untuk menyambut tamu jauh yang sudah lebih dahulu datang ke rumah untuk keperluan tertentu. Untuk model tenda sendiri ada beberapa type. Ada yang megah dan modern lengkap dengan lampu gantung hias pada bagian tengahnya, ada juga yang model sederhana tanpa tambahan tirai atau lampu apapun. Semuanya lagi tergantung dengan budget yang dimiliki dan keperluannya. Jika sekiranya acara akan diadakan di gedung atau tempat lain maka memang tidak perlu memasang tenda yang terlalu mahal karena justru akan kurang bermanfaat.

Kamar mandi juga tidak akan terlepas dari dekorasi untuk rumah calon pengantin. Biasanya prosesi siraman akan dilakukan di kamar mandi untuk mereka yang tidak punya tempat extra di bagian halaman atau dalam rumahnya. Kamar mandi bisa disulat menjadi tempat yang nyaman untuk siraman lengkap dengan pernak pernik seperti bunga tabur, janur kuning, cawan air siraman dan lainnya. Biasanya untuk perlengkapan dekorasi sudah ada bagian sendiri yang memang khusus untuk menyiapkan semuanya. Persiapan pernikaha memang harus Anda awasi langsung namun jangan sampai membuat Anda malah menjadi terlampau stress menjelang hari pernikahan bahagia Anda. Jangan luap tempatkan vas bunga atau rangkaian bunga segar di tempat tertentu seperti ruang tamu, ruang makan, juga ruang tengah di rumah Anda sehingga semarak pernikahan semakin terasa meriah.

Trending Now : Hello world!