VIDEO

VIDEO PERNIKAHAN

Selain foto, masih ada video pernikahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengabadikan momen bahagia serta tak terlupakan tersebut. Hal itu dikarenakan foto hanya dilihat gambaran mati tak bergerak saja. Namun, rekaman video bisa dilihat bergerak dan ada suaranya. Tentu saja lebih seru dan menyenangkan saat menonton video perkawinan seperti itu. Mulai dari acara akad nikah hingga resepsi pernikahan direkam videonya tanpa putus-putus. Bahkan, tidak menutup kemungkinan diberi narasi atau pengantar suara yang menerangkan tiap bagian dari momen pernikahan yang dilakukan sepasang mempelai.

Anda yang awam di bidang ini tentu akan banyak bertanya mengenai bagaimana cara membuat video pernikahan, bagaimana cara mengisi serta memberikan suara narasi, hingga bisa ditonton di layar televisi. Berikut akan sedikit dijelaskan mengenai hal tersebut, yang semoga bermanfaat untuk Anda sekalian. Untuk lebih jelasnya, silakan membaca informasi di bawah ini.

Bagaimana cara membuat video pernikahan?

Video seperti itu bisa direkam dengan alat perekam tertentu. Anda yang memiliki handphone, smartphone, tablet, atau jenis gadget tertentu pasti juga bisa merekam video. Pasalnya, di dalam gadget tersebut terdapat fasilitas kamera digital yang mampu menjepret dan menyimpan file foto dalam bentuk digital. Bukan hanya foto, tetapi juga merekam video seperti yang diinginkan. Namun demikian, fasilitas kamera digital dalam gadget tersebut terbatas durasinya karena ukuran storage atau ruang pentimpanannya juga terbatas. Dengan kata lain, Anda bisa merekam video pernikahan tidak lama. Oleh karena itu, dibutuhkan peralatan digital atau elektronik lainnya untuk melakukan proses perekaman tersebut.

Alternatif yang dapat dipakai, yaitu kamera digital di mana dapat difungsikan untuk mengambil foto serta rekaman video. Ternyata, masih ada peralatan lain yang khusus untuk merekam video pernikahan, yaitu handycam atau kamera tangan. Fungsi utamanya memang untuk merekam video karena spesifikasinya memang dibuat standar semacam itu. Anda pun dapat memanfaat semaksimal mungkin handycam untuk merekam berbagai peristiwa atau fenomena yang dikehendaki.

Proses editing hingga disimpan

Tidak menutup kemungkinan ada bagian dari perhelatan pernikahan yang tak pantas direkam dan disiarkan. Oleh karenanya, bagian tersebut harus dipotong dengan proses editing. Prosesnya menggunakan software atau program komputer tertentu yang tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Setelah proses editing selesai, video pernikahan yang berhasil direkam harus disimpan agar dapat ditonton atau digunakan kembali di kemudian hari. Master video tersebut bisa disimpan dalam harddisk komputer. Sementara itu, rekaman video dapat digandakan dalam kepingan CD dengan proses burning atau dibakar.

Anda sebagai salah satu mempelai yang menikah tentu dapat menonton rekaman video pernikahan tersebut setiap waktu. Pasti ada hal-hal yang menegangkan, seru, menyenangkan, mendebarkan, hingga menyedihkan saat menontonnya. Tonton saja terus hingga rekamannya selesai agar Anda bisa bernostalgia sebentar.

Bahkan, rekaman video pernikahan tersebut bisa dijadikan koleksi berharga yang tak lekang oleh waktu. Anda bisa menyimpannya selalu hingga berumur tua sampai sudah memiliki cucu dan cicit. Itulah hal terbaik yang dapat dikenang sepanjang masa. Jadi memang benar, pernikahan memang sebuah kegiatan sakral dan sangat mungkin dilakukan setahun sekali. Anda sudah membuktikan sendiri hanya memiliki satu pasangan saja hingga nanti akhir hayat.

Sementara Anda sekalian yang belum menikah, atau mungkin dalam waktu dekat ini ingin menikah. Jangan sampai menunggu lebih lama lagi untuk menikmati menjadi seorang raja dan ratu sehari. Namun demikian, rencanakan semuanya secara mendetail agar acara pernikahan dapat berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Satu hal yang jangan sampai terlupa, yaitu rekamlah video pernikahan tersebut.