HANTARAN PERNIKAHAN

HANTARAN PERNIKAHAN

Menjadi MC (Master of Ceremony) atau pemandu acara di sebuah acara pernikahan tentu bukanlah hal yang mudah. Karena pergelaran acara pernikahan merupakan momen yang sangat penting dan sakral bagi setiap orang. Oleh karena itu seorang MC pernikahan harus memiliki kemampuan atau keahlian berbicara yang baik. MC pernikahan juga harus teliti dalam memilih diksi atau pilihan kata yang tepat dalam memandu acara pernikahan tersebut. Karena pemilihan kata yang tidak sesuai tentu akan menganggu berlangsungnya acara pernikahan, dimana kesalahan pemilihan kata tersebut dapat menjadi bahan tertawaan tamu undangan dan bisa membuat acara pernikahan tersebut menjadi kehilangan nilai kehidmatan dan kesakralannya. Untuk menghindari tersebut tentu diperlukan kesungguhan dalam menekuni bidang ini. Apabila anda sangat berminat dalam dunia MC dan ingin menjadi pemandu acara pernikahan yang baik maka sebaiknya anda membaca ulasan mengenai tips menjadi MC pernikahan yang baik dan profesional berikut ini:

1.Kenali Calon Pengantin dan Anggota Keluarga dari Kedua Mempelai

Tips pertama  yang perlu anda lakukan untuk menjadi MC pernikahan yang baik dan profesional adalah anda harus terlebih dahulu mengenali calon pengantin dan anggota keluarga dari kedua mempelai. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena nama calon pengantin beserta anggota keluarganya akan sering disebutkan oleh seorang MC pernikahan. Untuk itu MC perlu melakukan pendataan nama penyelenggara acara pernikahan tersebut secara detail untuk menghindari kesalahan penyebutan nama.

2.Kenali Tamu Undangan yang Hadir

Tips yang kedua adalah mengenali tamu undangan yang hadir. Selain mengenali calon mempelai dan anggota keluarganya, seorang MC pernikahan yang baik dan profesional sebaiknya juga mengenali tamu undangan yang hadir. Mengenali tamu undangan disini bukan berarti MC tersebut harus mengenali nama setiap tamu undangan yang hadir. MC pernikahan yang baik dan profesional seyogyanya menggunakan bahasa yang dimengerti oleh semua tamu undangan, apabila mayoritas tamu undangan yang hadir merupakan orang jawa, maka alangkah baiknya jika diselipkan sedikit bahasa jawa yang mampu menimbulkan suasana hangat kepada para tamu undangan. Hindarilah pemilihan kata atau kalimat yang sulit dimengerti oleh para tamu undangan.

3.Membuat Catatan Kecil

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat memandu acara pernikahan, sebaiknya anda membuat beberapa catatan kecil terkait acara pernikahan yang akan anda pandu tersebut. Catatan kecil tersebut dapat memuat nama lengkap calon mempelai, nama dan latar belakang keluarga secara singkat, serta rincian susunan acara.

4.Memakai Bahasa yang Sopan

Tips menjadi MC pernikahan yang baik dan profesional selanjutnya adalah pilihlah bahasa yang sopan selama membawakan acara pernikahan tersebut. Gunakanlah bahasa yang benar dan baik agar penyelenggara pernikahan dan para tamu undangan merasa dihargai dan dihormati.

5.Bersikap Tenang

Tips yang terakhir adalah selalu mempertahankan sikap yang tenang saat memandu acara pernikahan. Karena apabila seorang MC pernikahan tidak bisa menyembunyikan rasa nervous atau gugup, MC tersebut tentu akan menemukan kesulitan untuk fokus dalam memandu acara pernikahan tersebut. Untuk mengindari hal tersebut, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu di suatu tempat. Pemanasan tersebut dapat berupa pengaturan pernapasan yang dapat meminimalisir rasa gugup. Selain itu pengaturan nafas juga dapat membantu seseorang dalam menghasilkan vokal atau suara yang baik. Dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu maka anda akan merasa lebih tenang dan nyaman saat memandu acara pernikahan tersebut.